Punya Banyak Warna, Begini Cara Menanam Bunga Phlox

cara menanam bunga phlox

Bunga phlox menjadi salah satu tanaman bunga yang begitu indah. Phlox merupakan bunga yang cerah dengan aroma yang begitu menyenangkan.

Hingga sekarang, bunga ini dikenal hingga lebih dari 60 spesies. Ada berbagai macam bentuk dari phlox ini contohnya saja seperti bunga yang merayap berbentuk seperti karpet warna-warni. 

Arti bunga phlox sendiri adalah mimpi indah. Sekarang ini, kita bisa menemukan begitu banyak varietas phlox di Belanda. Phlox memiliki tinggi 50 hingga 150 cm dengan daun berbentuk oval. Bagian batang memiliki bentuk silinder. 

Diameter bunga memiliki ukuran 3 hingga 5 cm dan memiliki 5 kelopak. Phlox memiliki berbagai macam warna yang cantik mulai dari biru, merah muda, ungu, ungu gelap dan masih banyak lagi. 

Cara Menanam Bunga Phlox dengan Mudah

Phlox sebenarnya merupakan tanaman dengan kelas perennial. Phlox lebih banyak dipilih sebagai tanaman untuk menghiasi taman karena warna-warnanya yang begitu indah. 

Bahkan ketika mekar, phlox memiliki berbagai macam warna. Sebenarnya, phlox mudah ditemukan di taman karena bunga ini cocok dijadikan sebagai penghias rumah. Setelah mengetahui arti bunga phlox, Anda tertarik menanamnya bukan. 

Baca Juga: Bunga Kenanga - Ciri, Klasifikasi, Arti & Makna Filosofisnya

Meskipun merupakan tanaman liar, namun Anda bisa menanam sendiri di rumah. Berikut langkah menanam phlox, antara lain:

  • Siapkan media tanam terlebih dahulu
  • Ketika ingin menanam phlox, Anda harus menyiapkan media tanam terlebih dahulu. Media tanam untuk menanam phlox harus disesuaikan dengan jenis bunga yang ingin Anda tanam. 

    Ada berbagai macam jenis tanaman phlox ini. untuk blue phlox serta creeping phlox, lebih baik Anda menggunakan tanah yang lembab serta kaya dengan kandungan humus. Selain itu, phlox juga bisa tumbuh di tempat yang minim cahaya matahari.

    Untuk phlox blue serta creeping, bahkan bisa tumbuh di cahaya yang sangat teduh. Namun, untuk sand phlox serta chattahoochee, tanaman ini lebih menyukai tanah biasa serta memiliki drainase yang baik. 

    Jenis sand phlox lebih menyukai media tanam yang berpasir, dan berlempung. Phlox jenis ini menyukai sinar matahari langsung. sehingga jika Anda menanam phlox, pastikan di tempat yang terkena sinar matahari langsung. 

    Ada juga jenis phlox carolina, phlox meadow dan phlox garden. Jenis phlox ini lebih suka tanah yang lembab serta drainase yang baik. Tidak hanya itu, phlox jenis ini juga menyukai tanah subur, sehingga Anda harus memperhatikan cara menanam bunga phlox ini. 

  • Siapkan stek phlox
  • Jika media tanam phlox sudah disiapkan sesuai dengan jenis bunganya, Anda bisa melakukan penanaman phlox. Ketika melakukan penanaman phlox, lebih disarankan menggunakan cara stek dibandingkan dengan menggunakan biji.

    Penanaman dengan menggunakan stek lebih cepat tumbuh. Anda bisa menanam phlox dengan jarak naman 30 hingga 60 cm setiap tanamannya, jika melakukan penanaman di taman. 

    Bila Anda melakukan penanaman di pot, Anda bisa menggunakan tanah yang gembur serta kompos kemudian langsung menanamnya ke pot. 

  • Pemindahan phlox
  • Setelah phlox tumbuh besar, Anda bisa memindah tanaman ini. untuk memindahkan phlox ke tanah, Anda bisa menggali lubang dengan ukuran diameter yang lebih besar 2 kali dibandingkan dengan diameter pot.

    Masukkan phlox ke dalam tanah kemudian tutup akar dengan menggunakan tanah. Anda bisa langsung menyiram saat itu juga. 

    Baca Juga: Yuk Kenalan dengan Bunga Snowdrop Yang Punya Banyak Arti

    Sekilas, menanam phlox memang sangat mudah. Apalagi tanaman phlox ini tidak membutuhkan perawatan tertentu dan rumit, sehingga untuk melakukan penanaman bunga phlox ini, Anda bisa melakukannya dengan mudah.

    Indonesia id