Bunga Alstroemeria, Si Cantik yang Mudah Ditanam dan Pelihara

cara menanam bunga alstroemeria

Bunga alstroemeria belakangan menjadi pilihan populer untuk bunga pernikahan, karena warna warni cerahnya yang indah dengan daun terbalik yang menjadi ciri khasnya. 

Bunga yang juga dijuluki sebagai peruvian lily ini memang begitu menarik, dan kerap menjadi simbol untuk memberi dukungan pada yang menerimanya.

Fakta Tentang Alstroemeria

Alstroemeria dikenal juga dengan nama peruvian lily, genus tanaman berbunga satu ini memiliki lebih dari 50 spesies yang berbeda dengan warna beragam. Alstroemeria sendiri berasal dari Amerika Selatan dan ditemukan sekitar abad ke-18 oleh seorang penjajah Swedia, Baron Von Alstroemer.

Baron Von Alstroemer merupakan seorang ahli botani terkenal yang kemudian membawa bunga dengan julukan lily Peru ini ke daratan Eropa. Sejak pertama kali dibudidayakan di Eropa, alstroemeria langsung diterima dan menjadi populer untuk diberikan. 

Pasalnya arti bunga alstroemeria ini adalah pengabdian, dan dapat dijadikan sebagai simbol untuk memberi dukungan pada orang lain.

Baca Juga: Mengenal Berbagai Macam Warna Bunga Lily

Makna Bunga Peruvian Lily

Meski sejatinya, peruvian lily ini mempunyai berbagai arti tergantung pada warnanya. Namun bunga bunga indah tersebut selalu berhubungan dengan arti pengabdian, kekuatan, persahabatan, dan cinta yang serupa. 

Sehingga membuatnya menjadi sempurna sebagai ungkapan “aku mendukungmu” atau “terimakasih telah ada untukku”. Selain itu, masing masing kelopak dari alstroemeria disebut memiliki makna tersendiri. Dimana setiap kelopak mampu mewakili karakteristik tertentu. 

Enam kelopak tersebut mempunyai makna yaitu kesabaran, komitmen, empati, pengertian, rasa hormat, dan humor. Tidak hanya kelopaknya, daun peruvian lily yang bengkok dan terlihat terbalik juga menyimpan makna.

Daun bunga tersebut merupakan simbol stabilitas, simbol ikatan, dan mengatasi kesulitan bersama. Tidak heran jika di zaman sekarang buket bunga alstroemeria banyak diberikan pada orang yang mempunyai jabatan baru di pekerjaannya, orang yang baru bekerja, maupun orang yang baru saja pindah ke kota baru.

Menanam Alstroemeria

Cara menanam bunga alstroemeria tidaklah sulit, dimana awal musim semi merupakan salah satu waktu terbaik untuk mulai menanamnya. Alstroemeria sendiri dapat dikembang biakkan dengan 2 cara yaitu menggunakan biji atau dengan membagi rimpang. 

Untuk metode yang menggunakan biji, hanya cocok untuk varietas spesies karena hibrida dapat kehilangan sifat tanaman induk. 

  1. Metode Biji

Dalam hal ini, kamu bisa mengumpulkan benihnya dari bunga yang sudah tumbuh. Namun pastikan untuk berhati hati karena buahnya sangat rapuh. 

Apabila kulitnya retak, maka bijinya pun akan langsung terbang ke segala arah. Oleh karena itu, sebelum mengumpulkan benih maka tanaman harus ditutup terlebih dahulu dengan kain kasa.

Berikutnya benih akan melalui tahap stratifikasi, dan disimpan ke dalam lemari es selama kurang lebih 2 sampai 3 bulan. Biasanya di awal musim semi atau di akhir musim dingin, biji akan mulai berkecambah. 

Baca Juga: 9 Hal yang Tidak Kamu Ketahui tentang Bunga Lily

Sehingga pada akhir stratifikasi, kamu bisa menempatkannya di dalam wadah kecil dan tanam di tanah dengan kedalaman sekitar 1 cm.

Biji yang telah berkecambah akan membuat bibit, untuk selanjutnya bisa ditransplantasikan ke tanah terbuka atau bisa kamu pindahkan ke dalam pot. 

Bila kamu memilih menanam peruvian lily dengan menggunakan metode biji, maka bunga alstroemeria ini akan mekar di tahun ketika setelah proses tanam.

  1. Metode Membagi Rimpang

Metode kedua yaitu dengan membagi rimpang yang cocok untuk hibrida, karena tanaman baru bisa mempertahankan sifat induknya.

Untuk melakukan metode ini, kamu bisa memilih waktu pada musim gugur atau ketika akhir periode alstroemeria berbunga. Tanaman digali dengan hati hati, kemudian dibagi menjadi 2 sampai 3 bagian. Selanjutnya bisa ditempatkan kembali ke tanah.

Bunga ini bisa menghasilkan 6 hingga 8 bunga per batang setelah mekar, kamu bisa membudidayakan alstroemeria ini di luar ruangan seperti kebun belakang atau menanamnya di pot dan ditempatkan di pekarangan depan rumah. Warna warninya yang cantik akan membuat tampilan rumah menjadi lebih indah.

Indonesia id