Cara Menanam dan Merawat Bunga Celosia Agar Cepat Berbunga

cara merawat bunga celosia

Butuh ide tanaman hias untuk mempercantik halaman rumah? Mungkin bunga celosia ini bisa jadi salah satu solusi. 

Ada beberapa alasan mengapa harus memilih bunga yang masih satu famili dengan sayur bayam ini. 

Memiliki bunga dengan warna-warna cerah, cara menanam mudah, tahan dari hama dan penyakit serta memiliki khasiat untuk mengatasi beberapa masalah.   

1.Pemilihan Bibit Celosia

Hal pertama yang perlu kamu lakukan adalah pemilihan biji tanaman Celosia yang baik. Saat ini sudah banyak penjual bibit tanaman baik online maupun offline yang bisa kamu temukan. Cari toko yang menurutmu terpercaya.

Pilih biji berukuran sedang dan besar. Biasanya biji yang berukuran besar memiliki rasio tumbuh lebih besar dibanding yang berukuran kecil. 

Lakukan penyemaian biji terlebih dahulu pada media yang sesuai hingga tumbuh tunas baru. Jangan lupa sprayer secara berkala agar kecambah yang tumbuh bisa lebih maksimal

2. Sediakan Media Tanam

Saat tunas baru mulai tumbuh dan cukup kuat, langkah selanjutnya adalah memindahkan ke media tanam yang lebih baik.

Pindahkan bibit celosia tersebut ke dalam pot-pot terpisah yang berisi tanah dan pupuk dasar. Setelah itu lakukan penyiraman secara berkala.

Jika kamu ingin menanamnya langsung di halaman rumah, tunggu beberapa minggu sampai batang dari bunga celosia ini cukup kuat dan kokoh agar tidak mudah rusak dan mati.

3.Penyiraman dan Pemberian Pupuk

Selanjutnya lakukan penyiraman dengan air yang cukup, jenis tanaman jengger ayam ini tahan air. Jadi tidak perlu khawatir akan pemberian air yang berlebihan meski sebaiknya dihindari agar tidak membusuk. 

Selanjutnya bunga Celosia ini harus diberi pupuk, bisa dengan pupuk buatan atau bisa juga dengan pupuk organik. 

Pada tahap awal kamu bisa memilih pupuk pada umumnya agar tumbuh subur. Namun, saat telah berbunga, Pilih pupuk khusus bunga agar pertumbuhan bunga lebat dan warna lebih cerah dan lebat. 

Baca juga: Yuk, Ketahui 6 Jenis Pupuk Berikut Agar Tanaman Tumbuh Subur

4. Pemangkasan Daun

Saat tanaman ini mulai tumbuh subur, bukan hanya bagian bunga saja yang berkembang tetapi bagian daun pun juga ikut bertambah. 

Mengingat pada tanaman ini bunga menjadi poin utamanya, lakukan pemangkasan daun secara berkala terutama daun yang kondisinya tidak bagus.

5. Mengganti Media Tanam

Selanjutnya agar bunga Celosia tumbuh lebih baik, kamu bisa mengganti media tanamnya.

Misal, sebelumnya bunga celosia ditanam pada pot ukuran kecil, Seiring berjalannya waktu melakukan pemindahan ke pot yang lebih besar atau tanam di kebun langsung agar pertumbuhannya lebih maksimal.

Mengingat tanaman celosia ini mudah bertunas, ada baiknya segera lakukan pemisahan ketika muncul tunas baru. Beri jarak agar tanaman celosia terlihat lebih rapi.  

Pada dasarnya cara menanam bunga celosia tidak sulit, soal perawatan juga cukup mudah karena tanaman ini tidak begitu rewel dibanding tanaman hias lainnya. Selain itu pilihan warna yang beragam membuat bunga ini cocok untuk menghiasi halaman rumah.

Baca juga: Cantik dan Menawan, Berikut 5 Jenis Tanaman Hias Batang untuk Halaman Rumah

Indonesia id