Cara Merawat Tanaman dengan Benar Agar Tumbuh Subur

Cara Merawat Tanaman dengan Benar Agar Tumbuh Subur

Cara merawat tumbuhan supaya bisa tumbuh subur barangkali sudah diketahui oleh banyak orang, Merawat tanaman tak melulu sebatas penyiraman dan pemupukan. 

Ada beberapa hal penting lainnya yang bisa mendukung kesuburan tumbuh kembang tanaman kamu. Apa saja hal penting lainnya tersebut? Simak beberapa poin berikut:

  • 1. Memilih Media Tanam yang Tepat

  • Ada tanaman yang bagus ketika ditanam di tanah, akan tetapi ada pula yang justru tidak cocok dengan kondisi tanah. Oleh karena itu, sebelum kamu membeli tanaman, maka tanyakan terlebih dahulu pada penjual mengenai perawatannya.

    Media tanam yang sesuai bisa membantu perkembangan tanaman menjadi lebih maksimal. Bisa jadi, untuk tanaman yang kamu beli lebih pas jika menggunakan media sekam dan cocopeat dibanding tanah.

    Sebagai contoh, meskipun cocopeat sering digunakan sebagai pengganti tanah tidak semua tanaman cocok dengan media tanam ini. Hal ini karena cocopeat menyimpan air lebih banyak lama.

    Baca Juga: 3 Alasan Menanam Bunga di Rumah

  • 2. Pilih Tanaman yang Sesuai

  • Bila memang kamu punya kegiatan sehari-hari yang sangat padat, maka ada baiknya kamu untuk memilih tumbuhan yang memang tak membutuhkan sebuah perawatan intensif. 

    Khawatirnya, untuk tanaman tersebut malah mati dengan sangat cepat karena kamu sangat lupa menyiram ataupun memberinya sinar matahari. 

    Sementara itu ketika kamu memang rajin dan juga pengoleksi tanaman, maka silahkan saja untuk bisa memilih berbagai jenis tumbuhan yang memang disukai.

  • 3. Pastikan Sinar Matahari Tercukupi

  • Pada dasarnya semua dari tanaman memerlukan sinar matahari untuk bisa berfotosintesis. Akan tetapi memang tidak seluruh dari jenis tanaman memerlukan sinar matahari sekitar 6 jam setiap hari.Agar tumbuh dengan subur, maka kamu harus memberinya sinar matahari dengan cukup. 

    Memang ada sejumlah  tanaman yang memerlukan sinar matahari dalam jumlah yang lebih banyak serta ada pula jenis tanaman yang bisa bertahan walau hanya mendapat sedikit sinar matahari.

    Kebutuhan cahaya berbagai tanaman ini bervariasi bahkan ada yang membutuhkan sinar matahari secara penuh. Disisi lain ada yang bisa subur di tempat yang teduh.

  • 4. Perhatikan Kebutuhan Air

  • Terkait dengan penyiraman pada sebuah tanaman, rata-rata memerlukan sekali dalam sehari. Cara penyiraman pun juga harus dilakukan merata dengan jumlah air yang sesuai. 

    Perhatikan pada saat melakukan penyiraman, jangan siram terlalu banyak hingga menggenang dalam pot tanaman. Hal ini jika dibiarkan bisa menyebabkan tanaman membusuk. 

    Baca Juga: Cara Merawat Tanaman Hias Monstera

  • 5. Jadwal Pemupukan

  • Selayaknya seperti makhluk hidup lain, maka tumbuhan juga perlu makan dan nutrisi tambahan. Ada 6 nutrisi yang dibutuhkan tanaman yaitu berupa nitrogen, fosfor, potasium, magnesium, sulfur, serta kalsium. 

    Masing-masing nutrisi memiliki fungsi serta manfaatnya sendiri dalam hal menyuburkan tanaman. Oleh karena itu dibutuhkan penambahan pupuk untuk memenuhi kebutuhan nutrisi.

    Inilah beberapa dari cara merawat tanaman supaya tumbuh subur yang bisa kamu ketahui. Kesuburan akan suatu tanaman memang tergantung akan kamu yang merawatnya.
    Indonesia id