Mengenal Jenis-Jenis Bunga Celosia yang Tersebar di Indonesia

Macam warna bunga Celosia

Bunga Jengger Ayam memiliki keunikan pada warna yang berbeda tergantung jenisnya. Ada bunga yang berwarna ungu, kuning, orange, merah muda, dan merah. 

Selain itu warna daun dari bunga ini berwarna hijau tetapi ada pula yang berwarna merah. Tanaman ini masuk ke dalam keluarga Amaranthaceae sejenis dengan sayur bayam. 

Bunga jengger ayam merupakan bunga semusim yang bisa juga hidup pada dua musim tergantung dari kondisi bunga.

Di Indonesia sendiri, tanaman ini memiliki sejumlah julukan. Seperti di Jawa dikenal dengan Jengger Ayam, Sementara itu, di kawasan Sumatera biasa disebut Bayam Biludu dan orang-orang Sunda menyebutnya Jawer Kotok.

Jenis Bunga Celosia 

Bunga Jengger Ayam ini memiliki banyak jenis atau spesies di seluruh dunia, setidaknya saat ini ada 12 spesies yang telah berhasil diidentifikasi. 

Antara lain Celosia cristata L, Celosia floribunda A. Gray, Celosia argentea L, Celosia isertii C.C.Towns,  Celosia palmeri S.Watson.

Selain lima jenis diatas masih ada lagi jenis Celosia spicata L, Celosia leptostachya Benth, Celosia leptostachya Benth, Celosia nitida Vahl. Celosia odorata T. Cooke, Celosia virgata Jacq, dan yang terakhir Celosia trigyna L.

Meski ada banyak jenisnya, di indonesia sendiri hanya dua jenis celosia yang biasa ditemukan yaitu Celosia Cristata L (Cockscomb) dan juga Celosia Plumosa (Plume). Meskipun berbeda jenis, bentuk dari kedua bunga ini hampir serupa.

Baca juga: Ketahui 5 Manfaat Tanaman Hias Kuping Gajah Bagi Kesehatan

  • Celosia Plumosa (Plume)
  • jenis bunga celosia plume plumosa boroco

    Masyarakat Pulau Jawa sering kali menyebut bunga Celosia jenis Plume sebagai Jengger Ayam Lilin. 

    Bentuk jenis plume ini memang menyerupai pohon cemara kecil tetapi memiliki warna beragam.

    Celosia Plumosa tumbuh lebih pendek dengan batang yang tegak, sehingga sangat cocok dijadikan tanaman hias di taman atau pot.

    Pada umumnya, Bunga celosia akan berbunga dua kali dalam satu bulan, hal ini lantaran bunga Celosia termasuk bunga semusim. Untuk warna bunga jenis plume terdiri dari 3 warna yaitu warna merah, kuning dan oranye.

    Plumosa memiliki kepala bunga yang berbentuk seperti sisir tapi meruncing. Daun dari jenis bunga ini kebanyakan berwarna hijau, namun ada pula yang berwarna merah.

    Orang lebih banyak menemukan Celosia Plumosa di daerah Pulau Jawa. Namun masih sulit untuk membedakan jenis celosia.

  • Celosia Cristata L (Cockscomb)
  • jenis bunga celosia cristata L jengger ayam

    Cockscomb  juga termasuk ke dalam jenis Bunga Celosia yang disebut sebagai Bunga Jengger Ayam. Cockscomb memiliki bunga yang berbentuk batu karang. Sehingga banyak orang yang menyebutnya dengan coral Celosia.

    Celosia Cristata biasanya tumbuh menjulang tinggi hingga 1 meter. Celosia jenis ini memiliki daun tunggal yang panjang serta tumbuh berselang seling, ujung bunga membentuk butiran dan melebar seperti jengger ayam.

    Selain tinggi, batang Celosia Cristata juga tebal dan tegak. Cristata memiliki warna kuning, merah dan ada juga yang berwarna ungu. 

    Belakangan tanaman jengger ayam sering ditanam dalam jumlah banyak di taman. Dengan begitu deretan bunga ini akan tertata dengan baik dan indah untuk dipandang.

    Selain sebagai tanaman hias, bunga jengger ayam juga sering digunakan sebagai bunga potong. berbeda halnya dengan bunga celosia plume yang lebih sering digunakan sebagai tanaman hias indoor.

    Baca juga: Cara Menanam dan Merawat Bunga Celosia Agar Cepat Berbunga

     

    Indonesia id