Fakta Bunga Magnolia, Varietas Musim Semi Khas Amerika Utara

jenis bunga magnolia

Bunga Magnolia memiliki aroma yang sangat harus dengan bentuk yang cantik. Bunga satu ini menjadi spesies yang paling cepat berbunga jika musim semi tiba. Magnolia sendiri merupakan varietas bunga yang berasal dari Amerika Utara.

Varietas bunga berwarna putih atau pink ini sangat disukai oleh kaum hawa karena makna yang terkandung di dalamnya memang sangat dalam. Diyakini arti bunga Magnolia ini adalah kesucian dan ketulusan dalam memberikan cinta kepada pasangan.

Di tempat asalnya, Magnolia ini biasa tumbuh dan mekar dengan warna merah muda yang begitu khas. Jika dilihat dari jauh, kerumunan Magnolia ini akan terlihat seperti bunga sakura yang ada di Jepang. 

Tidak banyak orang tahu, ternyata ada banyak sekali fakta unik yang berkaitan dengan varietas bunga satu ini. Hal inilah yang membuat popularitasnya cepat menanjak di kalangan para pecinta bunga. Penasaran apa saja fakta-fakta unik tersebut? Ikuti penjelasannya di bawah ini.

1. Magnolia memiliki lebih dari 304 spesies

Berdasarkan riset yang sudah dilakukan hingga saat ini, sudah memiliki lebih dari 304 jenis bunga Magnolia yang tersebar di berbagai belahan dunia. Masing-masing spesies memiliki jenis, habitat, warna, bentuk dan ukuran yang berbeda-beda.

Diketahui, spesies paling kecil dari Magnolia ini tumbuh di kisaran 4 meter. Sedangkan untuk ukuran terbesarnya bisa tumbuh hingga mencapai tinggi 24 meter. Benar-benar tinggi untuk ukuran pohon bunga bukan?

Saat ini diketahui kalau Magnolia Atlas merupakan spesies dengan bunga terbesar. Lebar bunga varian atlas ini bisa mencapai hingga 14 inch atau sekitar 35,56 cm. Bisa dibayangkan bagaimana besarnya bunga ini. 

2. Magnolia adalah bunga prasejarah

Berdasarkan riset yang sudah dilakukan oleh para ahli, bunga ini masuk ke dalam kategori bunga prasejarah. Dilihat dari fakta-fakta yang ada, bunga satu ini dipercaya sudah tumbuh sejak 20 juta tahun yang lalu.

Mungkin ini juga alasan kenapa Magnolia ini memiliki banyak varietas yang tersebar di seluruh dunia. Karena usianya sudah sangat lama, Magnolia telah bertransformasi menjadi berbagai varietas yang bisa Anda temukan saat ini. Ada banyak juga jenis bunga Magnolia hasil kawinan yang ditemukan sampai sekarang.

Baca Juga: Berbagai Fakta Bunga Anemone, Dari Sejarah Hingga Jenis-Jenisnya

3. Biasa dijadikan obat tradisional

Berdasarkan arti bunga Magnolia dalam sejarah, Magnolia sudah dijadikan salah satu sarana pengobatan di Tiongkok sejak ribuan tahun lalu. Hal ini terbukti dengan banyaknya pengobatan China yang menjadikan Magnolia sebagai salah satu bahan utamanya.

Diketahui, Magnolia ini memiliki khasiat yang sangat bagus untuk menjaga kesehatan paru-paru dan menghilangkan rasa cemas. Tentu saja dibutuhkan metode pengolahan obat yang tepat sebelum tumbuhan satu ini bisa dikonsumsi sebagai obat. 

Hanya saja yang dijadikan sarana pengobatan bukan bunganya, melainkan kulit pohonnya. Spesies yang biasa digunakan sebagai obat adalah Magnolia Officinalis. Spesies satu ini memang tumbuh di wilayah utara China.

Baca Juga: Si Cantik Bunga Yarrow - Ciri, Arti, & Khasiat yang Terkandung di Dalamnya

4. Banyak spesies Magnolia yang terancam punah

Berdasarkan informasi yang dirilis oleh IUCN Red List, ada banyak sekali varietas Magnolia yang terancam punah sampai saat ini. Karena itulah mereka memasukkannya ke dalam red list atau daftar merah tumbuhan langka.

Diketahui dari 304 varietas Magnolia yang bisa Anda temukan saat ini, 147 diantaranya sudah sangat sulit untuk ditemukan. 147 varietas tersebut adalah kategori Magnolia liar yang memang jarang dibudidayakan oleh orang-orang.

Magnolia adalah salah satu spesies bunga dengan masa tumbuh yang lama. Semenjak ditanam bijinya, tanaman satu ini baru bisa berbunga 10 tahun kemudian. Karenanya kita harus berusaha agar kelestarian bunga Magnolia ini bisa terus terjaga.

Indonesia id