Mengenal Bunga Zinnia dari Klasifikasi, Manfaat serta Jenisnya

manfaat bunga zinnia

Meski memiliki nama bunga zinnia, namun tanaman ini lebih familiar disebut kembang kertas. Bunga ini memiliki beberapa macam warna layaknya bunga hias lainnya.

Bentuk bunga zinnia ini melingkar dari susunan kelopak bunganya menjadi satu. Memiliki daun kecil dan adanya bulu-bulu halus di permukaannya. 

Bunga ini biasanya berkembang dan tumbuh baik di daerah tropis. Cara menanam bunga zinnia juga tidak sulit. Karena bisa tumbuh meski hanya ditebar di atas tanah.

Selain bentuk dan warnanya yang indah, Bunga ini ternyata juga memiliki banyak manfaat untuk kesehatan loh. 

Manfaat Bunga Zinnia:

1. Mengatasi Datang Bulan yang Tidak Teratur

Terkadang setiap wanita mengalami masalah ketika datang bulan, seperti datang bulan tidak lancar dan merasakan nyeri. Bunga zinnia dipercaya bisa membantu memperlancar datang bulan yang para wanita alami.

2. Mengatasi Keputihan

Keputihan ini sering dirasakan oleh setiap wanita, meski tidak semua dan tidak setiap hari. Meminum ramuan dari bunga zinnia bisa mengatasi keputihan yang berlebihan.

3. Mengobati Hepatitis

Jika memiliki riwayat hepatitis bisa mengkonsumsi ramuan dari bunga zinnia. Hepatitis ini penyakit yang menyerang pada organ hati. 

4. Mengatasi Bisul pada kulit

Bunga zinnia juga dapat mengobati penyakit bisul, dimana penyakit yang ada pada kulit dan dapat membuat tubuh demam. 

Timbulnya bisul yang meradang ini membuat tidak nyaman ketika beraktivitas. Sehingga bisa membuat ramuan dari bunga zinnia untuk menyembuhkan bisul.

5. Mengobati rasa gatal-gatal

Mengalami gatal-gatal terjadi karena alergi, entah alergi karena makanan ataupun karena cuaca. Sehingga bisa menggunakan bunga zinnia untuk menyembuhkan rasa gatal yang dirasakan.

Baca Juga: Bunga Vinca - Ciri, Klasifikasi, Manfaat, Makna & Jenisnya

Klasifikasi Bunga Kertas

Bunga zinnia memiliki nama latin yaitu Bougainvillea glabra. Berdasarkan klasifikasinya, bunga ini berasal dari divisi magnoliophyta dan dari Kelas magnoliopsida.

Ordo tanaman ini adalah caryophyllales, dengan famili nyctaginaceae dan dari Genus bougainvillea.

Morfologi Bunga Kertas

Sementara itu jika dilihat dari sudut pandang morfologi atau struktur dan bentuk sebuah tanaman, bunga zinnia adalah:

  1. Akar

Akar dari tumbuhan ini berbentuk vertikal dan lebar. Akar bunga ini termasuk akar yang berserabut. Panjang akar berkisar 50 cm sampai 80 cm.

  1. Batang

Batang yang dimiliki oleh bunga zinnia ini berkisar 2 m sampai 3 m. Memiliki permukaan batang yang halus dan ada juga yang kasar berwarna coklat. Rata-rata batang yang dimiliki berduri kecil jadi harus hati-hati ketika memegang batang bunga ini.

  1. Daun

Daun yang berbentuk oval dan menyirip dengan permukaan rata berwarna hijau, memiliki panjang 1 cm sampai 4 cm.

  1. Bunga

Warna bunga yang bermacam-macam seperti kuning, orange, merah muda dan lainnya. Namun bunga zinnia ini tidak memiliki serbuk sari. Untuk persilangan diperlukan proses menyambung bunga.

Macam-macam Bunga Zinnia

Berdasar data yang di dapat, untuk kawasan Indonesia sendiri setidaknya ada tiga jenis bunga zinnia yang bisa ditemukan:

  1. Zinia lekuk (zinnia angustifolia)
  2. Zinia anggun (zinnia elegans)
  3. Zinia garis (zinnia linearis)

Sekian penjelasan terkait bunga zinnia dan manfaatnya. Meski bunga ini memiliki sejumlah manfaat bagi kesehatan hasilnya belum teruji secara klinis dan hasilnya bisa berbeda setiap orang. 

Baca Juga: Bunga Peony - Ciri, Arti, Makna Filosofis & Jenisnya

Indonesia id