Kerap Dijadikan Penghias, Berikut Karakteristik Bunga Angelonia yang Jarang Diketahui

jenis bunga angelonia

Bunga yang dikenal dengan nama ilmiah Angelonia Angustifolia atau false lavender ini memang cukup populer di kalangan pecinta tanaman hias. 

Namun, sebagian orang masih kurang familiar dengan bunga yang satu ini karena memiliki karakteristik seperti bunga lavender

Agar tidak keliru, yuk simak ulasan detailnya mengenai bunga Angelonia!

Karakteristik Angelonia Angustifolia

Jika dilihat dari kejauhan, bunga yang satu ini sekilas mirip dengan bunga lavender. Sebab, bunga ini tumbuh meruncing ke atas dan berwarna ungu. 

Faktanya, Angelonia ini memiliki warna yang lebih beragam mulai dari berwarna ungu, putih, biru, hingga merah. Selain itu, batan tanaman bunga ini berwarna hijau dan cenderung kecoklatan pada Angelonia tua. 

Dari batang utama, maka bisa dilihat jika batang kecil tumbuh bercabang dan menjorok ke atas. Sementara itu untuk bagian daun daunnya lebih kecil dan meruncing dengan warna ke hijau hijauan. 

Adapun tangkai daunnya langsung menempel pada batang dengan masing masing berjumlah dua ke kanan serta ke kiri di ketinggian yang sama. 

Tak berhenti sampai disitu saja, bunga yang satu ini juga memiliki ciri khusus dan tidak bisa ditemukan pada tanaman hias. 

Berbeda dengan bunga lainnya, jenis bunga Angelonia ini tidak memiliki aroma khas semerbak. Namun, aromanya baru bisa teridentifikasi dengan cara meremas bagian daunnya atau bunganya. 

Sebenarnya dalam habitat aslinya, bunga ini tumbuh di antara tebing tinggi yang tandus. Namun, bunga ini bisa dibudidayakan dengan cara memanfaatkan metode stek batang. 

Angelonia Angustifolia ini bisa ditanam dalam pot maupun polybag sesuai kebutuhan. Menariknya, bunga ini bisa menjadi dekorasi taman agar lebih estetik. 

Manfaat Bunga Angelonia

Bunga Angelonia dapat melancarkan sirkulasi udara sekaligus membuat udara rumah menjadi lebih sejuk. Kamu hanya cukup meletakkannya di dalam pot pot kecil di sudut ruangan. 

Bahkan bakteri dan virus berbahaya yang menyebabkan gejala penyakit diare dan flu bisa disaring dengan menggunakan tanaman hias ini. 

Disarankan, agar menanam Angelonia Angustifolia di dalam pot kecil dan meletakkannya pada spot spot di rumah Anda. 

Baca juga: Mengenal Jenis-Jenis Bunga Celosia yang Tersebar di Indonesia

Jenis-Jenis Bunga Angelonia

Perlu diketahui, bunga yang satu ini memiliki varietas yang cukup beragam. Bahkan beberapa varietas menghasilkan bunga yang cukup besar, sebagian jenis yang lainnya juga memiliki spesies kecil yang bagus untuk budidaya di media kontainer. 

Selain itu, beberapa varietas bunga ini juga ditemukan dengan cara budidaya dari biji. 

Setidaknya, ada sebelas jenis dari bunga Angelonia yang bisa Anda pilih, mulai dari 

  • Adessa Blue Bicolor
  • Alonia Big Indigo
  • Angelina Dark Rose
  • Angelina Pink
  • AngelMist Spreading Blue
  • Archangel Blue Bicolor
  • Archangel Raspberry
  • Archangel White
  • Carita Cascade Deep Purple
  • Serena Purple
  • Serenita Lavender Pink
  • Mengingat ada banyak sekali varietas dari bunga yang satu ini, tak heran membuat Angelonia Angustifolia ini digandrungi bagi pecinta tanaman hias.

    Selain bermanfaat sebagai dekorasi ruangan, ternyata bunga yang satu ini juga memiliki manfaat lainnya seperti mengatasi polusi, menghilangkan virus serta bakteri, dan juga membersihkan udara di rumah agar lebih sejuk. 

    Baca juga: Selain Cantik, Yuk Intip Manfaat Bunga Turi untuk Kesehatan

    Indonesia id