Bunga Cyclamen, Bunga Indah dengan Warna Pink Menggoda

makna bunga cyclamen

Bunga Cyclamen adalah salah satu jenis bunga yang memiliki warna sangat cantik. Bentuknya yang unik layaknya sayap kupu kupu ini ternyata juga memiliki makna yang indah dibalik bentuk yang apik tersebut. 

Jika kamu ingin mengetahui apa makna dari bunga cyclamen dan cara merawatnya, cari tahu dalam ulasan berikut ini.

Sekilas tentang Bunga Cyclamen

Bunga satu ini memang memiliki bentuk kelopak yang indah. Saat melihatnya sekilas, maka kelopak dari bunga satu ini pun akan berbentuk layaknya kupu kupu yang sedang terbang dan menukik. 

Mungkin hanya satu kata yang terlintas untuk menggambarkannya, cantik. Itulah memang yang mewakili keberadaan dari bunga satu ini.

Meskipun memiliki warna dan bentuk yang indah, sebaiknya jangan memberikan bunga satu ini kepada pasangan atau orang tersayang.

Sebab, bunga yang memiliki warna merah muda nan merekah ini mempunyai makna yakni perpisahan. Untuk itu, jangan sekali kali memberikannya kepada orang tercinta.

Akan tetapi, walau arti bunga cyclamen sangat menyedihkan, Kamu tetap bisa memelihara dan merawatnya. Mungkin saja, ketika kamu sedang patah hati dan merasa dikhianati oleh seseorang bisa memberikan bunga satu ini sebagai kado perpisahan yang pas untuk diberikan.

Namun, terlepas dari makna tersebut, bunga satu ini memang sangat cocok sebagai tanaman yang anda pelihara di rumah. 

Warnanya yang cantik akan membuat siapa saja betah untuk melihat keindahannya. Untuk itu, bagi kamu yang berencana ingin memelihara bunga, maka cyclamen dapat menjadi alternatifnya.

Baca Juga: Berbagai Fakta Bunga Anemone, Dari Sejarah Hingga Jenis-Jenisnya

Bagaimana Cara Merawat Cyclamen?

Bunga yang berasal dari Austria ini memang dikenal sebagai bunga yang cantik. Sehingga tak jarang banyak orang yang ingin memelihara bunga satu ini. 

Hal pertama yang bisa kamu lakukan adalah memasukkan benih ke dalam larutan potassium permanganate terlebih dahulu selama 12 jam. Kemudian, barulah proses penyemaian bisa dimulai. 

Untuk media tanamnya, kamu bisa menanam benih pada campuran tanah dan pasir. Dimana caranya adalah membaginya terlebih dahulu dengan perbandingan 1:1, yakni satu bagian tanah khusus bunga dan satu lagi dari pasir.

Pada tanah, buat alur yang dengan kedalaman sekitar satu sentimeter. Kemudian tuangkan air yang banyak dan jangan lupa untuk meletakkan biji pada jarak yakni sekitar 3 cm. Selanjutnya, tutup tanah menggunakan foil. Setelah 30 hingga 60 hari.  

Seharusnya biji-biji yang kamu letakkan sebelumnya sudah mulai menjadi berkecambah. Untuk penanaman ini, diperlukan suhu sekitar 20 derajat. Sehingga bunga ini lebih cocok ditanam pada dataran tinggi. 

Sementara proses perawatan bunga cyclamen ini, pastikan untuk selalu mengairi tanaman dengan menggunakan air. Hal ini dikarenakan cyclamen merupakan bunga yang suka dengan suhu udara lembab.

Bahkan kamu juga bisa menurunkan suhu ruangan agar bunga bisa tumbuh dengan lebih baik. Selain menyiramnya secara rutin, pastikan juga memberikan pupuk pada jenis bunga satu ini. Akan tetapi, dalam pemberian pupuk, perlu untuk berhati hati agar tidak memberinya terlalu banyak.

Baca Juga: Selain Melambangkan Cinta, Ini Manfaat dari Bunga Akasia

Bunga satu ini memang memiliki makna yang sedih. Namun, jika kamu ingin memelihara karena unsur keindahannya, mengapa tidak? Selain itu, jika kamu merawatnya dengan benar, nantinya akan bisa menghasilkan bunga dengan warna yang sangat cantik dan bentuk yang unik.

Indonesia id