Mengenal Jenis-Jenis Tanaman Begonia

Mengenal Jenis-Jenis Tanaman Begonia

Tanaman begonia adalah salah satu tanaman hias yang banyak diminati oleh para pecinta tanaman hias karena kecantikannya, selain itu juga mudah untuk ditanam dan dirawat.

Kamu bisa menanam tanaman ini halaman rumah ataupun digantung dalam pot yang bisa menghias setiap sudut ruang tamu. 

Tanaman begonia ini memiliki ciri berdaun tunggal dengan berbentuk yang menyerupai jantung. Tepi daunnya beringgit dan runcing. Tulangnya menjari dengan daun berwarna hijau. 

Berikut ini cara mudah merawat tanaman begonia.

  • Siram tanaman begonia ini dua kali dalam sehari yaitu pagi dan sore hari, setelah itu keringkan daunnya agar permukaannya tetap mengkilap.
  • Letakkan tanaman begonia ini di tempat yang terkena sinar matahari.
  • Berikan pupuk yang cukup agar tanaman begonia bisa tumbuh.
  • Jika tanaman begonia diserang hama, gunakan bahan alami untuk membasmi hama atau bila perlu untuk semprot dengan pestisida yang tepat.

Jika kamu tertarik untuk menanam tanaman begonia ini, berikut beberapa jenis dari begonia yang ada di berbagai belahan dunia.

1. Begonia Rex

Begonia rex dikenal juga dengan painted leaf begonia yang mempunyai variasi yang banyak dibanding dengan tanaman lain. Karakter dari begonia rex ini adalah daunnya yang memiliki banyak warna dan bentuk serta pola dan ukuran yang banyak pula.

2. Begonia Rhizomatous

Begonia rhizomatous ini dikenal juga dengan non-rex. Dengan daunnya yang menarik dengan bunga yang besar dan bisa menutupi keseluruhan badannya

Ukuran dari tanaman ini sangat beragam, mulai dari terkecil hingga terbesar yang bisa melebar sampai dengan 1 meter. Jenis dari begonia ini mempunyai karakter daun yang berbeda seperti berbulu, bentuknya menyerupai bintang atau lingkaran.

3. Begonia Cane

Tanaman begonia cane ini dijuluki tanaman sayap malaikat, karena daunnya yang menyerupai sayap. Selain itu juga ada begonia cane yang bunganya berukuran besar dan mengeluarkan wangi. Daun dari begonia cane ini beragam warna mulai dari merah muda, ungu, dan putih. 

Baca juga: 11 Jenis Tanaman Keladi yang Harus Diketahui

4. Begonia Shrubs

Varian bunga begonia shrubs ini bermacam-macam mulai dari yang kecil sampai dengan ukuran yang bisa mencapai 4 meter dengan banyak rupa dan juga bentuknya. Biasanya, bunga ini terlihat berkilau dengan keindahan bulu-bulu halus di permukaan daunnya. 

Jenis tanaman begonia shrubs akan memiliki warna bunga putih pada daunnya, dan warna hijau pada tangkainya. Namun, ada juga daunnya yang berwarna merah ataupun merah muda.

5. Thick Stemmed Begonia

Begonia ini tidak memiliki cabang seperti tanaman pada umumnya, namun jenis ini dapat bertunas langsung dari dalam tanah. Jadi, jangan khawatir jika daunnya seperti nampak layu karena itu wajar bagi jenis yang satu ini.

Baca juga: Cara Merawat Tanaman Hias Monstera

6. Begonia Lilin

Begonia lilin ini dikenal juga dengan semperflorens dengan daun yang tampak seperti dilapisi lilin. Kamu bisa dengan mudah menemukan jenis begonia ini karena tanaman ini biasanya akan membentuk sebuah pola yang mudah dikenali.

Daunnya berbentuk lingkaran dengan bunga berwarna seperti merah, putih juga merah muda. Untuk warna daunnya kebanyakan berwarna hijau dan perunggu.

7. Tuberous Begonia

Tuberous Begonia ini bisa dibilang salah satu variasi begonia yang cantik dibanding dengan varian begonia lainnya. Dengan ukuran bunga yang bermacam-macam mulai dari 1 cm bahkan ada yang sebesar piring. 

Jenis tanaman ini ada yang tumbuh menjuntai sehingga Anda bisa menanamnya dengan cara menggantung.

Itu dia beberapa hal terkait  berbagai jenis tanaman begonia, kamu bisa mendapatkan berbagai tips gardening lainnya di blog Three Bouquets. Yuk, share konten ini biar makin banyak yang tahu.
Indonesia id