Tips Estetik Menata Bunga di Halaman Rumah

 Tips Estetik Menata Bunga di Halaman Rumah

Jika kamu tidak memiliki kebun, kamu bisa menggunakan pot untuk menghiasi teras rumah dengan berbagai macam bunga dan tanaman. 

Lalu, bagaimana cara menata bunga dalam pot di teras agar terlihat rapi dan indah? Untuk kamu yang ingin tahu cara menata bunga di teras rumah, berikut tips yang bisa dilakukan. 

1. Tempatkan di Area yang Paling Banyak Menarik Perhatian

Ketika akan menata tanaman ataupun bunga, cobalah untuk menempatkannya pada area yang paling banyak dilihat orang. Beberapa area yang mendapatkan perhatian lebih dari orang lain adalah area sepanjang jalan menuju ke pintu rumah dan di sekitar halaman rumah.  

Perhatikan juga tanaman apa yang akan kamu tempatkan di sana. Pilih tanaman-tanaman yang aman agar tidak mengundang lebah atau hama terlalu banyak. Hal ini untuk membuat agar orang lain tidak terganggu dan bisa melihat keindahan bunga dan tanaman yang kamu miliki.

2. Beli Pot dengan Ukuran yang Proporsional

Salah satu hal yang tidak boleh dilupakan adalah dengan menempatkan pot sesuai dengan ukuran yang pas (tidak lebih besar atau lebih kecil). 

Jika Kamu memiliki pot bunga dengan ukuran yang besar atau tinggi, maka akan lebih baik menempatkan pot tersebut di area yang mudah dilihat oleh mata. 

Setelah itu, kamu bisa mengelompokkan pot bunga yang memiliki ukuran kecil di sekitar pot bunga dengan ukuran yang besar. Ini merupakan salah satu trik untuk memberikan kesan visual berdasarkan ukuran dan tingginya. 

Jangan lupa untuk menggunakan jumlah pot kecil dengan ukuran yang ganjil. Hal ini penting untuk memberikan kesan yang estetik.

Baca juga: 5 Bunga Cantik untuk Halaman Rumahmu

3. Setarakan Tinggi Pot dengan Level Mata 

Cara menata bunga di teras rumah lain yang akan direkomendasikan adalah membawa tinggi tanaman ke level yang sejajar dengan level mata kita. 

Makin sesuai tinggi pot yang akan digunakan dengan level mata, maka semakin membuat tamu di rumah merasa nyaman. Cara alternatif lainnya adalah dengan menggunakan pot gantung. 

4. Pilih Tanaman atau Bunga dengan Tepat 

Untuk kamu yang ingin membuat teras rumah Kamu menjadi lebih indah, pastikan kamu tidak mengelompokkan tanaman Kamu dengan cara sembarangan. Salah satu cara untuk mengelompokkan tanaman dengan tepat adalah dengan memilih tanaman dengan warna yang sesuai. 

Pilih tanaman yang dapat meningkatkan value dari sebuah area atau gunakan pot yang sesuai dengan tanaman dan lingkungan tempat ia akan ditempatkan, seperti bunga mawar, tanaman hias keladi, ataupun bunga anggrek. 

Contohnya ketika kamu memiliki rumah dengan kesan tradisional atau rustik, bisa menggunakan pot dengan warna coklat. Pilihan ini akan lebih cocok karena dapat memberikan kesan keindahan dari taman teras yang akan dibangun. 

Bila kamu memiliki rumah dengan kesan minimalis, gunakan tanaman yang bisa tumbuh tinggi seperti tanaman hias pucuk merah, ketapang, atau sansevieria. 

Mengelompokkan bunga dan tanaman yang memiliki warna yang mirip juga akan membantu memberikan kesan yang lebih menarik pada taman bunga di halaman rumah. 

Nah, tentang bagaimana cara menata bunga di teras rumah, semoga bisa membantumu menata tanaman dengan lebih indah dan menarik. Bagi kamu yang hobi berkebun atau menanam bunga, kamu bisa menemukan berbagai tips lainnya di blog Three Bouquets.

Baca juga: 3 Alasan Menanam Bunga di Rumah

Liquid error: Could not find asset snippets/translation-lab-language-switcher-floating.liquid