Mengenal Lebih Dalam Arti dari Bunga Sweet Pea yang Menawan

makna bunga sweet pea

Lathyrus Odoratus atau yang lebih dikenal sebagai bunga sweet pea ini merupakan bunga yang tersebar di wilayah Mediterania. Bunga ini memiliki keindahan yang cukup menawan karena bentuk fisiknya. 

Bisa dikatakan, ciri-cirinya cukup unik dan memiliki arti khusus. Daripada penasaran dengan bunga cantik ini, yuk simak informasi lengkapnya di sini!

Arti Etimologis 

Di Eropa, bunga ini ditanam sebagai bunga hias sejak abad ke-17. Bunga yang satu ini semakin menjadi populer mendekati abad kesembilan belas, terutama dikenal sebagai bunga potong berkat peternak Skotlandia Henry Eckford. 

Pada saat itu, bunga cantik ini dipersilangkan dengan cara mengembangkan sejumlah kultivar sweet pea

Dengan melakukan budidaya tersebut, maka diperoleh bunga yang cukup menawan. Sweet pea bisa mempertahankan aroma bunga asli, menjadi lebih besar, dan tersedia dalam berbagai warna. 

Tak heran jika bunga sweet pea yang satu ini memiliki keindahan yang tiada tara, apalagi dari segi warna yang cukup menawan. 

Bunga yang dikenal dengan nama latin Lathyrus odoratus merupakan tanaman asli dari Keluarga Pulsa China yang memiliki arti harum dan sangat menarik.

Beberapa ilmuwan meyakini jika tanah asli dari tanaman ini berbunga di bagian negara Mediterania timur. 

Baca juga: Bunga Vinca - Ciri, Klasifikasi, Manfaat, Makna & Jenisnya

Dengan Sisilia, habitat meluas ke arah timur hingga ke pulau Kreta. Di sisi lain, bunga ini dipercayai jika dibawa oleh penggemar Sisilia dari Peru serta Ekuador. 

Hal ini membuat seorang Biarawan Susulia pada tahun 1699 tertarik untuk mengirim benih ini ke temannya di Inggris. 

Karena alasan tersebut pesternak Inggris membudidayakan tanaman ini sampai muncul lima varietas pertama. 

Seiring dengan perkembangan zaman, maka asal negara bunga sweet pea yang semula dari Mediterania bisa dikembangkan di daerah lain dan menjadi banyak varietas. Bahkan saat ini anda bisa menemukan lebih dari seribu varietas dari tanaman Sweet Pea

Ciri-Ciri Bunga Sweet Pea

Lathyrus odoratus memiliki bentuk yang terlihat seperti ngengat, tetapi orang Inggris mengatakan mereka seperti perahu layar atau Corolla. 

Bunga yang satu ini memiliki bentuk tombak besar, mirip dengan layar lebar, bentuk dua sayap samping yang berkeliaran, dan beberapa kelopak yang menghubungkan lebih rendah.

Bunga Lathyrus odoratus dapat tumbuh dengan cepat dan mekar dari bulan Juni hingga Oktober. Selain dikenal dengan bentuknya yang unik, aroma bunganya juga cukup mengesankan dan dikenal sebagai aroma anggur. 

Biasanya bunga ini digunakan sebagai dekorasi di taman, tetapi juga di pot, dan keranjang gantung di teras atau balkon.

Namun, selain tampilan luarnya yang memukau, tahukah Anda bahwa bunga indah yang satu ini ternyata memiliki segudang makna simbolis? Ada beberapa makna tersendiri dari bunga Lathyrus odoratus yang wajib anda ketahui. 

Sesuai dengan penamaannya, tentu bunga ini memberikan kesan tersendiri yang bisa didapatkan. 

Makna bunga sweet pea dikaitkan dengan ide ide pertemuan, perpisahan, serta kesenangan yang membahagiakan. Karena alasan tersebut, bunga yang satu ini sering kali digunakan banyak orang untuk mengucapkan rasa terima kasih. 

Menariknya, ada cerita lainnya dari bunga ini, sebab bunga ini disinyalir sebagai bunga untuk kelahiran April.  

Bunga yang pertama kali dibudidayakan pada abad ke-18 ini menjadi cepat populer karena menjadi bunga favorit bagi Raja. 

Bunga ini juga kerap kali dihadirkan pada acar besar, baik itu pesta makan malam, pernikahan dan lain sebagainya. Selain itu, bunga ini juga memiliki makna spiritual karena sering ditanam pada hari Jumat. 

Baca juga: Selain Melambangkan Cinta, Ini Manfaat dari Bunga Akasia

Indonesia id