Bisa Dibuat Di Rumah, Begini Cara Membuat Terarium Sederhana

cara membuat terarium sederhana

Terarium merupakan salah satu jenis wadah unik untuk berkebun dalam ruangan. Desainnya cukup beragam, mulai dari tertutup penuh atau sebagian untuk memungkinkan cahaya masuk dan membatasi kelembaban. 

Ternyata, media ini bisa dibuat sendiri di rumah dalam waktu yang cukup singkat. Seperti apa cara membuat terarium yang mudah? Berikut ulasan lengkapnya!

Bahan dan Peralatan yang Dibutuhkan 

Anda dapat membuat terarium dasar dengan sedikit bahan dan tidak mahal. Langkah pertama yang harus Anda lakukan yaitu dengan menyiapkan wadah kaca, toples kecil, atau mangkuk ikan mas. 

Tidak perlu mengeluarkan banyak biaya untuk membuat dekorasi yang satu ini. Yang Anda butuhkan hanya barang barang barang yang ada di sekitar Anda. 

Peralatan yang dibutuhkan yaitu sendok besar atau sekop taman. Kemudian, siapkan juga bahan bahannya berupa wadah kaca, bisa dengan tutup atau tidak. Anda juga perlu menyiapkan kerikil, batu pantai, dan kaca laut. Jika memungkinkan, siapkan juga arang aktif yang bisa didapatkan pada toko perlengkapan pembibitan. 

Jangan lupa siapkan tanaman terarium yang ingin digunakan, campuran pot steril, lumut lembaran, dan juga elemen dekoratif. 

Anda juga perlu mengetahui karakteristik tanaman dan cara membuat terarium botol sebelum mulai menanamnya. Sebab, tanaman harus berdaun kecil, tidak tumbuh tinggi secara signifikan dan berbatang lunak. 

Selain itu, tanaman tersebut juga harus toleran dengan kelembaban yang cukup tinggi dan harus tahan dengan kurangnya pasokan sinar matahari. 

Karena alasan tersebut, tanaman terarium dikelompokkan dalam dua jenis basah dan kering. Jadi, pilihlah tanaman sesuai dengan kebutuhan yang Anda inginkan. 

Baca Juga: Cara Membuat Potpourri

Instruksi Untuk Membuat Terarium Di Rumah

1. Memilih Wadah

Langkah yang pertama tentunya yaitu memilih wadah yang ingin digunakan. Anda bisa menggunakan semua wadah yang bening atau toples kaca yang memiliki penutup atau mulut. 

Hal ini memudahkan Anda untuk menambahkan tanaman di dalamnya. And absia menggunakan toples acar besar yang kosong atau toples mason.

Tak hanya itu saja, Anda juga bisa memilih wadah plastik yang berat untuk menampilkan nuansa kaca. 

Penggunaan mangkuk atau wadah yang besar akan memungkinkan Anda untuk memasukkan lebih banyak tanah, tanaman, atau elemen dekoratif seperti kerang, ornamen dan patung di dalamnya. Dengan begitu akan memudahkan cara membuat terarium sederhana.

2. Memilih Tanaman Terarium 

Pilihlah tanaman terarium yang kecil dan bisa dimasukkan ke dalam toples atau wadah. Ada baiknya jika memilih tanaman yang tidak akan menyentuh sisi sisi wadah. 

Anda bisa memilih berbagai macam tanaman terarium yang bagus, mulai dari small french, nerve plant, club moss, creeping fig, lucky bamboo, bagja prayer plant.

3. Tambahkan Lapisan Drainase

Wadah yang Anda pilih tadi tidak akan memiliki lubang drainase di bagian bawah. Sehingga, Anda perlu membuat lapisan drainase agar tanaman mendapatkan air dengan cukup. 

Caranya dengan meletakkan selapis lumut di bagian bawahnya. Selain itu, tambahkan campuran arang dan batu untuk menambah daya tarik visual dari terarium yang Anda buat. 

4. Menanam Terarium 

Singkirkan sisa tanah yang tertinggal di tanaman dari pot yang Anda gunakan. Gunakan sendok besar atau tangan untuk menggali lupang setiap tanaman di dalam pot. Tempatkan pada tanah tersebut dan tepuk di sekitarnya dengan lembut. 

Sebagai sentuhan akhir cara membuat terarium, hiasi bagian dalam dengan cangkang, patung kecil, atau aksen unik lainnya. 

Baca Juga: Cara Membuat DIY Pressed Flowers

Membuat terarium di rumah memang tidak perlu membutuhkan waktu yang lama. Cukup beberapa menit saja, Anda bisa membuat terarium menawan untuk hiasan atau dekorasi dalam rumah. 

Manfaatkan bahan bahan sekitar, seperti wadah plastik, aquarium bulat ikan mas, kaca, botol, toples, dan lain sebagainya sebagai bahan utamanya. 

Indonesia id