Mengintip Cara Menanam dan Manfaat Bunga Cornflower

cara menanam bunga cornflower

Bunga Cornflower adalah salah satu jenis tanaman yang telah dikenal sejak zaman Romawi Kuno. Jenis bunga satu ini juga sangat mudah untuk ditemukan di daerah Eropa, terutama di tanaman gandum hitam. 

Sekilas Tentang Cornflower

Jika kamu melihatnya secara sekilas, pastinya kamu akan berpendapat jika bunga ini terlihat cantik. Hal ini bukan sesuatu yang mengherankan, sebab cornflower yang identik dengan warna biru yang cukup menyala ini memang terlihat sangat indah. 

Meskipun banyak ditemukan memiliki warna biru, ternyata bunga ini juga memiliki warna lain yakni putih dengan aksen merah muda di tengahnya. Dengan memiliki warna yang cantik tersebut, tentunya banyak orang yang menyukai bunga satu ini. 

Dalam pengobatan herbal sendiri, cornflower merupakan salah satu jenis tanaman yang memang sudah lama digunakan sebagai agen koleretik dan juga diuretik. Aroma cengkeh, lemon dan mint yang ada pada daunnya juga kerap kali digunakan sebagai bumbu pada produk daging.

Adapun arti bunga cornflower sendiri ternyata juga cukup bagus. Bunga cantik berwarna biru ini memiliki makna yang indah, terutama berkaitan dengan keberuntungan dan juga kekayaan. 

Sehingga, makna bunga memang  tak selalu tentang keindahan dan juga kecantikan. Melainkan juga bisa kekayaan seperti bunga satu ini.

Baca Juga: Tumbuh Disekitar Kita, Inilah Bunga Portulaca Kaya Manfaat

Cara Menanam Bunga Cornflower

Jika kamu menyukai keindahan dari bunga satu ini, maka tak ada salahnya untuk mencoba menanamnya sendiri. Adapun cara penanamannya terbilang cukup mudah dan praktis. 

Hal pertama yang perlu untuk dilakukan adalah mempersiapkan benih bunganya terlebih dahulu. Kamu bisa membelinya di toko bunga terdekat atau toko online.

Selanjutnya, kegiatan yang perlu dilakukan adalah penyemaian benih. Hal ini bertujuan untuk mengetahui kualitas dari biji yang telah kamu beli sebelumnya.

Cara penyemaiannya sendiri antara lain adalah dengan mengeluarkan benih dan merendamnya di dalam air terlebih dahulu. Kemudian, siapkan media tanam yang memiliki campuran yakni tanah, kompos dan pupuk kandang masing masing dengan perbandingan 1:1.

Ketika proses penyemaian telah selesai, segera pindahkan tanaman tersebut ke lahan. Kamu bisa menanamnya di pekarangan depan maupun belakang rumah. Apabila ingin menanamnya di media pot, ada baiknya menggunakan pot yang memiliki ukuran besar.

Selanjutnya, agar bunga cornflower ini dapat berbunga dengan cantik, diperlukan perawatan dan pemeliharaan yang rutin sekaligus intensif. Sehingga nantinya akan mampu berbunga tepat pada waktunya. Lakukan penyiraman secara rutin dalam kurun waktu yakni 2 kali dalam sehari.

Lalu, pastikan tidak lupa untuk memupuknya. Pemupukan yang dilakukan secara rutin sejak tanaman berumur 1 mst ini diberikan agar tanaman bisa berbunga dengan cantik dan apik nantinya. 

Perlu di ingat, bunga pertama pada cornflower perlu dipangkas. Hal ini bertujuan agar nantinya cornflower bisa berbunga dengan lebih banyak.

Baca Juga: Mirip Lavender, Ini Ciri Ciri Bunga Statice dan Cara Menanamnya

Ketika kamu telah melakukan semua hal sesuai dengan petunjuk, maka saatnya cornflower berbunga. Tentu saja bunga tersebut akan sangat cantik dan sangat indah. 

Oleh karena itu, penting mengetahui teknik teknik dan cara penanaman yang tepat agar bunga tidak mati dan berbunga lebat.

Indonesia id