Cara Mudah Menanam Bunga Sedap Malam, Mau Coba?

Cara Mudah Menanam Bunga Sedap Malam, Mau Coba?

Bunga sedap malam atau sundal malam dalam bahasa melayu  memang seringkali tumbuh menghiasi halaman rumah. Tumbuhan dengan nama ilmiah Polianthes Tuberosa ini selain memiliki bunga yang cantik juga terkenal akan wanginya.

Berdasar sejarah, bunga yang diambil minyaknya untuk pewangi ini bukan tumbuhan asli Indonesia tetapi berasal dari Meksiko.

Keunikan dari bunga ini selain bentuk dan warnanya juga wanginya yang harum saat malam hal ini dikarenakan bunga ini akan bermekaran pada malam hari. Jadi jangan heran jika bunga ini juga bejuluk ratu malam.

Karena bau harum dari bunga sedap malam ini sangat identik dengan sesuatu hal yang eksotis, manis, serta juga kompleks, banyak orang yang mulai tertarik untuk menanamnya.

Baca Juga: Begini 6 Cara Merawat Bunga Mawar dengan Benar

Tahap Pertumbuhan Bunga Sedap Malam

Bunga sedap malam adalah tanaman yang akan tumbuh dengan baik jika berada pada lingkungan yang tepat. Seperti misalnya berada pada dataran rendah sekitar 600-1500 mdpl.

Jika penanaman tanaman ini di dataran sedang, maka untuk bunga sedap malam bakal akan menghasilkan sebuah bunga dengan tangkai yang panjang yang memang tidak cukup kuat.

Tanaman hias yang hanya mempunyai wewangian khas di bagian bunganya tersebut bisa tumbuh secara optimal jika Anda tanam di sebuah dataran rendah dengan menggunakan suhu pH tanah 5 – 5,7.

Apabila ternyata Anda bermukim pada daerah dataran tinggi, maka memang lebih baik Anda pikirkan kembali untuk membudidayakan tanaman ini. Meskipun bisa tumbuh tetapi tampilan serta juga perkembangannya tidak akan maksimal baik.

Proses Menanam Bunga sedap malam:

  • 1. Proses Pembibitan

  • Sama dengan pembibitan dari jenis tanaman hias lainnya, bunga sedap malam ini pun juga memerlukan bibit dengan kondisi bagus supaya mudah bertunas.

    Carilah sebuah bibit bunga sedap malam yang berupa umbi, hal ini tujuannya untuk bisa menggandakan tanaman bunga sedap malam tersebut.

    Pilihlah sebuah umbi dari tanaman yang memang telah tua, minimal telah berusia 1,5 tahun dengan sebuah tinggi 1 – 2 cm.

    Setelah ada umbinya, kemudian simpan sekitar 1 bulan penuh supaya nantinya akan lebih cepat untuk bertunas supaya nanti bisa tumbuh sempurna ketika akan ditanam.

  • 2. Proses Persiapan Sebuah Media Tanam

  • Untuk sebuah bunga sedap malam yang memang Anda kupas dengan menggunakan media tampung yang berupa pot ataupun polybag.

    Maka media tanam yang memang lebih ideal untuk bisa mengisinya adalah sebuah campuran dari sejumlah dari media tanam.

    Buatlah sebuah gabungan dari media tanam dengan sebuah perbandingan 1:1:1 untuk sebuah tanah, arang sekam, serta juga pupuk kandang ataupun pupuk kompos.

    Setelah semua media tanam tersebut tercampur dengan rata, maka selanjutnya langsung untuk Anda masukkan ke dalam sebuah pot ataupun polybag.

    Jangan lupa juga sebelumnya untuk Anda pakai pot ataupun polybag yang di bagian bawahnya terdapat ada lubang-lubang kecil atau drainase.

    Dengan demikian, maka risiko akar tumbuhan membusuk dampak dari penyiraman menjadi lebih kecil sebab ada lubang saluran air dibawah media pertumbuhan.

  • 3. Proses Penanaman

  • Selanjutnya adalah proses penanaman. Menanam bunga sedap lumayan mudah. Disini Anda hanya perlu untuk membuat sebuah lubang sedalam sekitar 5 cm di media tanam yang memang telah dimasukkan ke dalam sebuah pot.

    Setelah itu, masukkan umbi tumbuhan yang telah ditabung tadi ke dalam lubang, Kemudian tutup dengan tanah dan padatkan.

    Ketika umbi bunga ini telah ditanam, maka langsung ambil air untuk bisa menyiram tanaman bunga tersebut.

    Lakukan proses penyiraman tersebut secara teratur supaya kondisi umbi bisa lebih cepat bertunas. Namun, perlu diingat, selalu perhatikan kelembaban dari media tanam supaya tidak terlalu kering serta juga tidak terlampau basah.

    Inilah beberapa tahap terakhir dari proses cara menanam bunga sedap malam yang memang bisa Anda ketahui.

    Baca Juga: 5 Bunga Cantik untuk Halaman Rumahmu

    Liquid error: Could not find asset snippets/translation-lab-language-switcher-floating.liquid