Mengenal Bunga Rhododendron yang Cukup Populer di Asia

ciri ciri bunga rhododendron

Bunga Rhododendron adalah bunga yang cukup populer di Asia. Negara Nepal yang terletak di Asia Tengah menjadikan tumbuhan satu ini sebagai bunga nasional. 

Ada banyak sekali varian bunga satu ini di permukaan bumi. Penyebaran rhododendron bahkan sampai ke daratan Eropa dan Amerika. Nama Rhododendron ini sendiri diambil dari bahasa Yunani. 

Orang Yunani sering menyebut bunga ini sebagai pohon rhodies. Bunga satu ini juga bisa ditemukan di pegunungan Appalachian yang terletak di Amerika Utara. 

Ini menjadi salah satu bukti kalau penyebaran rhododendron sudah terjadi sejak lama. Namun kalau melihat tempat tumbuhnya, sangat pas jika bunga satu ini dianggap sebagai spesies bunga dataran tinggi dengan suhu rendah.

Apa Arti Bunga Rhododendron dan Maknanya?

Jika dilihat dari namanya, sudah jelas kalau Rhododendron ini menggunakan bahasa Yunani Kuno. Dalam bahasa Yunani, Rhododendron berasal dari dua kata yakni rhódon yang berarti "mawar" dan déndron yang berarti "pohon". 

Jadi arti bunga rhododendron ini adalah pohon mawar. Jika dilihat sekilas, bunga satu ini memang sangat mirip dengan bunga mawar. Hanya saja pohon rhodies memiliki ukuran yang jauh lebih besar dibandingkan dengan pohon mawar. 

Jumlah kelopak bunga yang dimiliki jauh lebih sedikit. Namun uniknya, bunga satu ini terus saja mekar sepanjang tahun. Sayangnya untuk melihat bunga satu ini mekar secara maksimal, Anda harus pergi ke dataran tinggi karena disanalah habitat utamanya.

Baca Juga: Bunga Kenanga - Ciri, Klasifikasi, Arti & Makna Filosofisnya

Ciri-ciri Bunga Rhododendron

Ciri-ciri dari bunga ini sangat mudah untuk Anda lihat. Dalam hal ini tentu saja kita harus melihat bentuk daun, bentuk bunga dan pohon atau tangkai dari bunga itu sendiri. Agar memudahkan Anda, berikut ini ciri yang bisa dilihat dengan kasat mata.

  1. Daun rhododendron memiliki bentuk spiral yang tertata dengan panjang daun berkisar di 1 atau 2 cm. Terkecuali untuk spesies Rhododendron sinogrande, daunnya bisa mencapai 50 cm.
  2. Ciri-ciri bunga rhododendron selanjutnya adalah bagian bawah daun memiliki bulu halus atau sisik
  3. Bunga ini memiliki varian warna yang sangat beragam. Namun untuk spesies yang hidup di Indonesia kebanyakan memiliki warna merah tua dan merah darah.
  4. Rhododendron adalah sejenis pohon semak dengan tinggi berkisar antara 10 hingga 100 cm. Adapun yang terbesar adalah spesies Rhododendron protistum var giganteum yang mencapai tinggi 30 meter.

Dengan mengenal beberapa ciri rhododendron yang kami jelaskan di atas, Anda pasti bisa dengan mudah membedakan spesies bunga satu ini dengan bunga lainnya.

Baca Juga: Yuk Kenalan dengan Bunga Snowdrop Yang Punya Banyak Arti

Varietas Rhododendron Asli Indonesia

Di Indonesia sendiri, Rhododendron dikenal dengan nama bunga Azalea. Ada juga yang menyebutnya bunga kadudampit, bunga saliyah atau bahkan bunga asing. 

Spesies bunga tersebut biasa hidup di dataran tinggi. Karena itulah jika Anda ingin melihat spesies bunga satu ini, Anda hanya perlu datang ke salah satu gunung tertinggi di Indonesia. 

Rhododendron ini merupakan hiasan utama dataran tinggi pegunungan Indonesia di samping bunga edelweis. Ada banyak juga spesies Rhododendron yang tumbuh di negeri ini. Ini dia listnya. 

  1. Album (Jawa Barat dan Jawa Tengah)
  2. Javanicum (Jawa dan Bali)
  3. Loerzingii (Jawa Tengah)
  4. Wilhelminae (Jawa Barat)
  5. Radians (Sulawesi Tengah)
  6. Renschianum atau Turuwara (Nusa Tenggara Timur)
  7. Rhodopus (Sulawesi Selatan)
  8. Seranicum (Sulawesi Tengah)

Masing-masing bunga di atas tentunya memiliki keindahan dan teksturnya masing-masing. Jika Anda ingin melihatnya lebih jelas, silahkan datang ke Gunung Merbabu dimana ada banyak sekali jenis bunga rhododendron loerzingii yang bisa Anda temukan di dalamnya.

 

Indonesia id