Jenis Bunga Kenikir dan Berbagai Macam Manfaatnya

ciri-ciri bunga kenikir

Bunga kenikir merupakan bunga yang ada di daerah tropis. Bunga kenikir ini termasuk anggota dari bunga aster atau kelompok bunga matahari

Daun bunga ini sering dijadikan sebagai sayur lalapan dan sudah populer di Indonesia. Sementara itu di Malaysia daun mudanya digunakan untuk campuran makan nasi atau dibuat sambal terasi atau tempoyak. Disana daun kenikir disebut sebagai salad raja.

Bunga kenikir berwarna kuning dan jingga. Arti dari warna tersebut membuat membuat semangat, menjadikan perasaan cerah dan bahagia penuh dengan gairah sehingga dapat menstimulasi keinginan kita untuk melakukan kegiatan. 

Penanaman bunga kenikir ini sangat cocok ditanam di halaman depan rumah, karena sinar matahari di dapatkan di halaman depan rumah, sehingga tidak ada salahnya membuat orang lain yang melewati depan rumah ikut melihat bunga kenikir dan ikut merasakan senang untuk memulai harinya.

Ciri-Ciri Bunga Kenikir

Sementara itu, berbicara soal ciri-ciri dan karakteristik morfologi tanaman kenikir sendiri adalah sebagai berikut:

  1. Akar dari Bunga kenikir

Akar pada bunga kenikir berjenis akar tunggang dan berwarna putih. Ada juga akar cabang yang tumbuh tegak luas terdapat pada akar tunggangnya.

  1. Batang dari Bunga Kenikir

Jenis batang yang ada pada bunga kenikir berkayu dan berbentuk segi empat. Berdiri tumbuh tegak namun memiliki cabang yang banyak. Tingginya berkisar 1 m hingga 3 m tergantung dari kondisi lingkungan yang ada.

  1. Daun Bunga Kenikir

Daun jenis kenikir ini berpasangan, bersilang dan berhadapan, sifatnya juga menyirip, ujunganya runcing, dan dibagian tepi rata. Panjang dari daun kenikir ini berkisar 15 cm sampai 20 cm

  1. Bunga Kenikir

Jenis bunga kenikir ini berbentuk bongkol dan terletak di ujung batang. Memiliki tangkai bunga berkisar 25 cm. Berwarna kuning dan memiliki mahkota sebanyak 8 helai.

  1. Biji Bunga Kenikir

Bentuk biji dari bunga kenikir ini seperti jarum, keras berwarna coklat, terbungkus kulit biji dan ujungnya memiliki rambut. Ukuran bijinya kecil sekitar 1 cm.

Baca juga: Mewakili Perasaan! Ini 7 Jenis Bunga yang Melambangkan Kesedihan

Manfaat Bunga Kenikir

Daun kenikir merupakan makanan sehat yang kaya akan manfaat dan nutrisi yang terkandung didalamnya jika dikonsumsi. 

Manfaatnya untuk kesehatan antara lain adalah bisa menurunkan tekanan darah, mencegah osteoporosis, mencegah pertumbuhan sel kanker, bisa mencegah dan mengobati diabetes.

Selain beberapa manfaat tadi, Bunga kenikir juga terkenal akan kandungan antioksidan, anti radang serta memiliki efek anti bakteri dan anti jamur. 

Tanaman kenikir juga seringkali digunakan sebagai herbal untuk beberapa penyakit lainnya seperti misalnya penyakit jantung. 

Namun jika terlalu banyak mengkonsumsi kenikir menyebabkan gangguan pada hati. Jadi sebaiknya dikonsumsi sewajarnya saja.

Jenis Bunga Kenikir

  1. Cosmos Caudate 

Kenikir ini termasuk tanaman herbaceous dengan karakteristik tinggi tumbuhan berkisar 30 cm hingga 2 meter.

Untuk daun kenikir jenis ini bisa dibilang bentuknya sederhana dengan berbagai warna bunga. Pada umumnya berwarna warna merah muda terang, kuning hingga putih.

  1. Cosmos Bipinnatus 

Jenis kenikir yang satu ini biasa ditemukan di daerah Eropa. Austria menjadi salah satu negara yang banyak membudidayakan tanaman ini untuk tanaman hias.

Saking terkenalnya bunga ini disana, bibit tanaman ini bisa ditemukan dengan mudah di toko bunga atau supermarket terdekat. 

  1. Cosmos Sulfureus 

Memiliki bunga berwarna kuning cerah dan mudah ditemukan disekitar kita. Tanaman kenikir jenis ini memang paling banyak dijumpai, biasanya digunakan sebagai pagar pembatas di pekarangan rumah.

Klasifikasi Bunga Kenikir

Tanaman kenikir secara divisi masuk ke dalam spermatophyta dengan kelas Magnoliopsida dan Ordo Fabales. Sementara untuk famili tanaman ini adalah Asteraceae yang masuk dalam genus Cosmos.

Baca juga: Arti dan Makna Filosofis Bunga Matahari

Indonesia id