Menguak Kisah dan Makna di Balik Keindahan Bunga Poinsettia

arti bunga poinsettia

Bunga poinsettia dikenal juga dengan nama kastuba. Bunga ini memiliki nama binomial Euphorbia pulcherrima. Poinsettia merupakan salah satu varian bunga subtropis yang berada di wilayah selatan Meksiko. 

Bunga satu ini juga bisa Anda temukan di kawasan benua Amerika Tengah. Namun sepertinya Meksiko menjadi sumber keberadaan bunga cantik berwarna merah ini. Di wilayah tersebut, kastuba seringkali dijadikan hiasan natal.

Warna merah kastuba atau poinsettia memang sesuai dengan hiasan warna warni pada saat natal dilaksanakan. Terlebih lagi jika kita melihat kombinasi warna hijau muda dan putih pada bagian atasnya. 

Rupanya tentu menjadi jauh lebih eksotik dan menarik untuk dilihat. Mari kita berkenalan dengan spesies bunga satu ini lebih jauh.

1. Arti Bunga Poinsettia

Sebagian besar orang bingung mengartikan kata poinsettia yang disematkan pada bunga satu ini. Padahal jika kita merujuk pada sejarah, ternyata kata poinsettia ini tidak memiliki makna apapun. Ada unsur historis yang panjang hingga bunga satu ini dinamai poinsettia.

Hal ini berawal dari kerjasama Meksiko AS yang dimulai sejak tahun 1825. Saat ini Amerika serikat mengirimkan seorang duta besar untuk Meksiko. Nama Duta besar tersebut adalah Joel Roberts Poinsett. 

Sosok satu inilah yang kemudian membawa Poinsettia ke Amerika Serikat dan memperkenalkannya di negara asalnya. Dari sini bunga kastuba dikenal dengan nama Poinsettia. Tujuannya adalah untuk mengenang jasa pria yang sudah memperkenalkannya pada dunia.

2. Karakteristik Bunga Kastuba atau Poinsettia

Poinsettia merupakan salah satu spesies tanaman perdu. Tanaman satu ini bisa tumbuh dengan tinggi batang di kisaran 60 cm hingga 4 meter. Cukup tinggi untuk ukuran tanaman perdu. Di bagian atasnya poinsettia memiliki daun berwarna oval dengan warna hijau tua.

Panjang daunnya ini berkisar di angka 7 hingga 16 cm. Cyathea atau bunga dari tanaman satu ini biasanya tumbuh pada bagian ujung batang. Bunga ini memiliki susunan yang begitu rapi dan tidak memiliki mahkota. Di bagian bawahnya terdapat braktea atau daun tambahan dengan warna yang begitu variatif.

Baca Juga: Mengenal Bunga Calendula, Si Cantik Kaya Manfaat

3. Sejarah Budidaya Poinsettia 

Untuk Anda yang tertarik membudidayakan bunga satu ini, ada fakta-fakta unik yang harus Anda pahami terlebih dahulu. Pertama, bunga satu ini sangat pas jika dibudidayakan di rumah kaca. Terlebih lagi jika Anda hendak membudidayakannya di kawasan tropika.

Poinsettia membutuhkan sinar matahari pagi dalam jumlah banyak. Namun tanaman satu ini mudah layu jika terkena sinar matahari yang terlalu terik. 

Sedangkan untuk suhu, poinsettia sama sekali tidak bisa bertahan jika berada pada angka di bawah 10 °C. Sosok pertama yang sukses membudidayakan bunga kastuba ini adalah Keluarga Paul Ecke yang tinggal di kawasan Encinitas California

Mereka berhasil mengembangkan varietas kastuba yang memiliki warna terang dan berdaun rimbun. Mereka bahkan berhasil mengembangkan hingga 100 varietas paling langka dari bunga ini. 

Karenanya di antara beberapa varietas tersebut ada yang dinamai Barbara Ecke Supreme, Mrs Paul Ecke, dan Angelica. Ini untuk menghormati sosok keluarga yang sudah membudidayakannya tersebut.

Baca Juga: Yuk, Cari Tahu Bagaimana Cara Menanam Bunga Alyssum

4. Legenda yang Berkaitan dengan Poinsettia

Jika Anda masih penasaran dengan arti bunga poinsettia ini, sepertinya kita harus sedikit membahas tentang legenda bunga perdu ini. Contohnya di dalam folklore Amerika dan Suku Aztec, kastuba diyakini sebagai jelmaan makhluk perkasa dari dunia lain. 

Dalam bahasa Náhuatl, poinsettia ini diberi nama cuitlaxochitl yang jika diartikan memiliki arti bunga kotoran. Hal ini dikarenakan bunga kastuba tumbuh pada kotoran burung yang selalu memakan biji kastuba di wilayah tersebut.

Di dalam bahasa Spanyol, orang-orang menyebutnya bunga paskah atau flor de pascua. Ada juga beberapa diantaranya yang menyebut kastuba dengan nama flor de noche buena atau bunga malam Natal. Jadi setiap wilayah memiliki nama masing-masing untuk bunga satu ini.

Apapun nama yang disematkan, kita semua setuju kalau kastuba adalah pohon yang sangat cantik. Hingga saat ini kastuba telah tersebar di seluruh dunia. Namun di Indonesia sendiri bunga poinsettia agak sulit untuk dikembangkan karena suhu tropis yang terlalu tinggi.

Indonesia id