Yuk, Cari Tahu Bagaimana Cara Menanam Bunga Alyssum

jenis bunga angelonia

Bunga alyssum biasanya umum digunakan untuk mempercantik tatanan taman kota. Bentuk bunganya yang kecil dalam aneka warna membuat rona cerah pada taman terlihat makin terpancar. 

Yang mana bunga satu ini lebih banyak ditanam bersama kombinasi bunga lainnya yang berukuran lebih besar, salah satunya seperti marigold.

Tentang Bunga Alyssum

Alyssum maritimum atau lobularia maritima ini adalah spesies tanaman yang berbunga pendek di dalam famili Brassicaceae. Nama genusnya sendiri yaitu lobularia, diambil dari bahasa Yunani yang artinya adalah polong kecil. 

Nama tersebut mengacu pada bentuk buah dari tanaman satu ini, sementara untuk kata maritima mengarah pada tempat tinggal dari alyssum.

Alyssum maritimum memang memiliki habitat asli di daerah sekitar pantai. Mereka bisa tumbuh subur dengan cantik pada kondisi tersebut. Asalnya dari dataran Eropa, dengan dedaunan yang tumbuh rendah dengan cepat menutupi tanah. 

Bunganya memiliki 4 kelopak yang berbentuk seperti salib kecil, dan biasanya sudah mekar setelah dua bulan ditanam.

Arti Bunga Alyssum

Arti bunga alyssum sendiri adalah kecantikan luar yang berharga. Makna ini diambil dari bahasa Yunani, dimana alyssum berarti tanpa kegilaan. 

Namun, beberapa sumber lainnya, menyebutkan bahwa alyssum juga dapat diartikan sebagai amarah atau kepahitan dari kata “lyssa”. Tentu arti nama yang kedua ini terbilang sangat kontras dengan visualnya yang amat memukau.

Pemberian nama tersebut mungkin karena alyssum pada zaman dahulu sering digunakan sebagai penawar untuk mengobati gigitan hewan rabies. 

Dan penggunaannya dinilai efektif untuk menenangkan jiwa yang marah. Meski saat ini penggunaan alyssum secara khusus dalam bidang medis tidak lagi digunakan.

Fakta Bunga Alyssum

Terdapat beberapa fakta dari alyssum maritimum satu ini yang begitu menarik untuk diketahui. Seperti bagaimana masyarakat secara umum mengenalnya dengan nama sweet alyssum atau sweet alison, karena visualnya yang manis dan aroma yang mirip madu. 

Tanaman berbunga ini tergolong sebagai tanaman pendek, yang mana tingginya hanya dapat mencapai 30 cm saja.

Bunga alyssum banyak ditemukan di daerah sekitar pantai serta bukit pesisir. Daerah asalnya yaitu wilayah Mediterania, Macaronesia, dan Perancis. 

Masyarakat juga bisa dengan mudah menjumpai bunga mungil satu ini di ladang maupun lereng bukit. Saat diperhatikan, Alyssum memiliki batang bercabang banyak, klaster bunga yang kecil dan padat dengan mahkota membulat.

Baca juga: 5 Cara Merawat Bunga Amarilis dari Umbi Hingga Berbunga

Cara Menanam Alyssum Maritimum

Karena kecantikan warna bunganya yang umum mekar dengan warna seperti putih, pink, ungu, kuning, hingga krem, banyak orang yang tertarik untuk mencoba menanam tanaman satu ini. 

Menanam alyssum tidak begitu sulit, di mana tempat dengan tanah yang dikeringkan dengan kelembaban sedang akan dibutuhkan di sini.

Meski alyssum sebenarnya mampu bertahan pada naungan parsial, namun penanamannya lebih baik dilakukan pada area yang memiliki sinar matahari penuh. 

Sebelumnya, persiapkan tanah dengan menyianginya, kerjakan amandemen organik, serta singkirkan segala penghalang pada hamparan taman.

Selain itu, sebelum pemindahan bibit, sebaiknya periksa dengan benar drainase di tanah agar alyssum nantinya dapat tumbuh dan mekar dengan baik.

Apabila tanah tidak mengering cepat, gunakan kompos atau pasir sebagai cara menanam bunga alyssum untuk meningkatkan porositas tanah yang ada.

Dengan warna warninya yang begitu cantik, tentu tidak heran jika tanaman dengan julukan sweet alison ini banyak diminati untuk dibudidayakan sebagai tanaman hias di rumah. Kamu dapat mencoba cara penanamannya seperti yang telah disebutkan di atas. 

Perawatan dari bunga satu ini sendiri cukup mudah, karena relatif bebas perawatan apabila area tanam sudah tepat.

Baca juga: Cara Merawat Tanaman dengan Benar Agar Tumbuh Subur

Indonesia id