Bunga Gerbera - Ciri, Jenis, Filosofi, Arti, dan Makna Warnanya

Ciri, Jenis, Filosofi, Arti, dan Makna Warna Bunga Gerbera

Masyarakat Indonesia lebih sering menyebut akan bunga gerbera ini sebagai gebras ataupun hebras. Secara ilmiah, untuk bunga gerbera ini tergolong dari spesies tanaman Asteraceae. Selain itu, bunga ini juga cukup populer di dunia setelah bunga mawar, anyelir, krisan, dan tulip.

Ciri-Ciri Bunga Gerbera

Bunga gerbera itu biasa dijadikan sebagai tanaman hias serta juga salah satu dari penghasil minyak atsiri. Ciri-ciri bunga ini bisa dikenali dari daun yang berbentuk memanjang dan memiliki gerigi halus di pinggirannya. 

Bunga gerbera itu baik dari jenis gerbera lokal ataupun juga gerbera impor sangat cocok untuk dikembangbiakan baik itu di daerah dataran tinggi ataupun juga di dataran rendah. 

Selain cantik dan memiliki berbagai manfaat, bunga gerbera ini mempunyai filosofi tersembunyi yang begitu mendalam.

Baca juga: 10 Fakta Menarik Tentang Peony

Filosofi Bunga Gerbera

Bunga gerbera mempunyai filosofi yang cukup beragam jika dipandang dari segi kesehatan maupun keindahan bunganya, seperti:

    • Rasa Nyaman

  • Untuk bunga gerbera ini dikenal sebagai sebuah bunga yang bisa mengurangi berbagai zat kimia yang berbahaya yang ada di udara sekitar bunga ini ditanam. 
    Selain itu, untuk bunga ini juga bisa membuat tidur Anda lebih nyaman sebab untuk bunga gerbera bisa memproduksi banyak oksigen di malam hari. Oleh karena 
    Bunga gerbera ini sangat cocok untuk bisa dijadikan tanaman hias yang ada di rumah Anda.
    • Cinta Sejati

  • Bunga gerbera ini diketahui melambangkan perasaan cinta yang lama terikat. Anda dapat memberikan bunga in pada pasangan untuk bisa mengikat hubungan cinta sejati.

    Baca juga: Ketahui Karaktermu Menurut Bunga Favoritmu

    Arti dan Makna dari Setiap Warna Bunga Gerbera

    Berikut ini berbagai arti dan makna dari setiap bunga gerbera yang perlu diketahui. 

    1. Merah

    Bunga gerbera yang berwarna merah itu melambangkan tidak sadar dalam sebuah cinta ataupun sepenuhnya akan tenggelam dalam perasaan cinta.

    2. Oranye

    Bunga gerbera yang berwarna oranye itu melambangkan sebuah kehidupan yang sangat ceria.

    3. Kuning

    Untuk bunga gerbera yang berwarna kuning menggambarkan sebuah keceriaan.

    4. Merah Jambu atau Merah Muda

    Untuk bunga gerbera yang berwarna merah jambu atau warna merah muda dapat diartikan sebagai sebuah kekaguman, pemujaan ataupun juga penghargaan tinggi.

    5. Putih

    Untuk bunga gerbera yang berwarna putih itu itu dimaknai dengan simbol kemurnian ataupun kepolosan.

    Jenis Bunga Gerbera

    Untuk pesona dari bunga gerbera ini bisa memikat siapa saja yang telah melihatnya. Jadi untuk bunga gerbera itu sendiri terdiri dari jenis ray floret, yaitu bunga dengan sebuah bonggol besar yang terlihat menjadi pokok dari 2 macam lapisan mahkota. 

    Jenis ray floret itu sendiri mempunyai warna yang sangat beragam seperti halnya warna orange, kuning, dan merah jambu, pink, serta juga ungu.

    Keberagaman akan warna dari bunga gerbera ini jika disatukan akan melambangkan sebuah keceriaan, sehingga untuk bunga gerbera ini  bisa dijadikan sebuah hadiah yang sangat tepat yang akan melambangkan rasa semangat serta juga bisa mencerahkan hari-hari seseorang.

    Pembudidayaan dari bunga gerbera ini bisa dilakukan dengan 2 metode yaitu generatif atau pengembangbiakan melalui sebuah biji serta vegetatif atau pengembangbiakan dengan menggunakan kultur jaringan.

    Baca juga: 5 Manfaat Bunga untuk Kesehatanmu

    Indonesia id