Bunga Wijaya Kusuma - Arti Filosofis, Cara Merawat, dan Manfaatnya

Indonesia memang sangat kaya akan flora dan fauna di dalamnya. Berbicara mengenai flora di Indonesia apakah kamu pernah mendengar nama Bunga Wijaya Kusuma?

Bunga jenis ini sangat unik karena beredarnya banyak mitos yang mengelilinginya.Selain itu, warna dan bau harum dari bunga ini juga sangat unik.

Semua orang pasti akan selalu teringat dengan keharuman dan kecantikan bunga berwarna putih ini. Jika kamu masih penasaran dengan bunga ini, yuk simak penjelasan berikut.

Bunga Wijaya Kusuma memiliki nama latin Epiphyllum Anguliger termasuk jenis tanaman kaktus yang bisa ditemui pada daerah beriklim tropis.

Bunga ini bisa disebut juga dengan bunga ratu malam. Ini dikarenakan bunga ini hanya akan mekar dan semerbak baunya pada malam hari.

Bunga ini juga mempunyai banyak spesies yang mana ada salah satu diantaranya yang hanya bisa mekar selama satu tahun sekali.

Arti dan Makna Filosofis Bunga Wijaya Kusuma

Apa kamu sudah mengetahui arti dan makna sesungguhnya dari Bunga Wijaya Kusuma? Bunga ini memiliki dua suku kata di mana wijaya mempunyai arti kemenangan dan kusuma yang berarti tegak.

Ini didasarkan pada penafsiran dan pemaknaan dalam Bahasa Jawa. Secara menyeluruh, Bunga jenis ini dapat diberikan makna berupa kemenangan sangat mutlak yang dipunyai seorang raja.

Menurut filosofi yang ada, jika ada seseorang yang melihat Bunga Wijaya Kusuma saat mekar maka dia adalah salah satu orang yang beruntung.

Jika kamu melihatnya saat malam hari maka kamu akan mendapatkan rezeki dan keberuntungan yang berurutan dan tidak terduga seperti seorang bangsawan.

Baca juga: Bunga Marigold - Ciri, Arti, Makna Filosofis, & Jenisnya

Cara Merawat Bunga Wijaya Kusuma

Bunga Wijaya Kusuma ini tergolong dalam tanaman yang langka. Banyak orang yang mencarinya karena keindahan dan keharuman dari bunga ini.

Lalu, sebenarnya bagaimana cara merawat Bunga WIjaya Kusuma? Bunga ini layaknya seperti kaktus yang mana tidak menyukai tanah yang terlalu basah.

Bunga wijaya kusuma biasanya ditempatkan pada pot gantung yang diletakkan di dinding. 

1. Beri Sinar Matahari yang Cukup

Bunga wijaya kusuma sebenarnya bukan termasuk ke dalam tipe tanaman indoor. Akan tetapi, banyak orang yang meletakkan ya di suatu ruangan di dalam rumah.

Untuk perawatannya kamu harus memberikannya sinar matahari yang cukup. Jangan terlalu sering memanaskannya dari paparan sinar matahari yang terlalu berlebihan.

Sinar matahari disini juga berfungsi untuk merangsang Bunga Wijaya Kusuma agar tumbuh bunga.

2. Siram dan Berikan Pupuk

Selanjutnya, kamu harus memberikan air kepada bunga ini. Meskipun bunga wijaya kusuma ini disebut layaknya seperti Kaktus akan tetapi jenis tanaman ini lebih banyak membutuhkan air. 

Ini disebabkan karena tempat asalnya yang berasal dari hutan lembab. Selain meyiramnya, kamu juga harus memberikan pupuk.

Pupuk yang baik untuk bunga wijaya kusuma ini kamu bisa mendapatkannya dengan bertanya dan membeli ke toko tanaman bunga di sekitarmu.

3. Melakukan Pembersihan Bunga

Bunga wijaya kusuma harus dikontrol dalam hal kebersihannya. Biasanya, parasit dan hama akan ada saja yang mengganggu tanaman ini.

Baca juga: Bunga Gerbera - Ciri, Jenis, Filosofi, Arti, dan Makna Warnanya

Manfaat Bunga Wijaya Kusuma

Bunga wijaya kusuma memiliki sejuta manfaat untuk manusia.Menurut beberapa sumber, bunga ini bisa dijadikan sebagai obat luka, bisul, radang tenggorokan, TBC, Asma, gastritis, peradangan rahim, hingga muntah darah.

Namun, tetap ingat bahwa akan lebih baik bila kamu berkonsultasi ke dokter bila mengalami masalah kesehatan.

Hal ini bertujuan untuk mencegah terjadinya penyakit lain karena kesalahan penggunaan.

Baca juga: Bunga Melati - Ciri, Arti, Makna Filosofis, & Jenisnya

Indonesia id