Mengenal Agapanthus, Bunga Menawan dengan Makna yang Dalam

arti bunga agapanthus

Agapanthus atau yang lebih dikenal sebagai bunga Lily ini berasal dari bagian selatan Afrika. Bunga ini tumbuh subur di daerah yang teduh, dimana ia terlindungi dari panas matahari. 

Selain habitatnya yang cukup unik, ternyata Bunga Agapanthus ini memiliki makna atau arti yang juga menarik.

Makna dari Agapanthus 

Bunga yang satu ini bukanlah sekedar penghias saja, tetapi juga memiliki simbol yang bisa melambangkan perasaan. 

Agapanthus sendiri berasal dari bahasa Yunani yaitu Agape yang memiliki arti cinta. Sementara itu, kata selanjutnya ada kata Anthos yang memiliki arti bunga. Jadi, jika diartikan secara keseluruhan Agapanthus memiliki makna bunga cinta.

Seperti namanya, Agapanthus menjadi simbol cinta abadi dengan makna yang cukup mendalam. Arti dari bunga yang satu ini juga memiliki sejarah yang cukup panjang. 

Salah satunya sebagai penggunaan bunga ini untuk obat. Suku Afrika Selatan menggunakan bunga yang satu ini untuk perawatan kehamilan, penyakit jantung, dan demam. 

Bukan itu saja, di Afrika, bunga ini juga dibentuk menyerupai kalung kemudian diberikan kepada mempelai wanita sebagai simbol kesuburan bagi sang wanita.

Baca Juga: Menguak Makna dan Arti di Balik Bunga Gladiol

Karakteristik Agapanthus 

Jika dilihat secara mendetail bunga yang satu ini memiliki karakteristik yang cukup kokoh pada batangnya yang panjang. Tak hanya itu saja, bunga ini juga tersedia dalam berbagai warna yang bisa dipilih. 

Namun, sebagian besar bunga ini cenderung berwarna biru dan putih. Bunga ini biasanya tumbuh di sepanjang musim semi, musim panas, dan gugur. 

Mengingat bunga yang satu ini memiliki simbol dari cinta, maka biasanya digunakan untuk karangan hari berbahagia. Bunga ini sangat cocok digunakan dalam pengaturan tradisional bunga musim semi dan juga desain pernikahan. 

Akan semakin menarik jika Bunga Agapanthus ini dikombinasikan dengan Eucalyptus, Calla putih dan bunga Freesia untuk desain yang indah.

Untuk menjaganya agar bunga tetap segar, maka Anda bisa memotong batang secara diagonal. Setengah inci dari bawah tempatkan di air dingin yang segar. Jangan lupa untuk menjauhkan bunga dari sinar matahari langsung, angin, atau panas yang berlebihan dan pastikan untuk mengganti air setiap 1 sampai dengan 2 hari sekali.

Tanaman yang dikenal juga dengan nama Bakung Biru juga sangat menawan jika sedang mekar. Bunganya akan mekar secara bergantian dari bagian luar sampai terlihat seperti bergerombol mirip dengan bola.  

Dalam satu batang Agapanthus, Anda bisa menemukan lebih dari 20 hingga 60 tangkai bunga yang terbilang menggerombol.

Baca Juga: Mengenal Berbagai Macam Warna Bunga Lily

Tips Perawatan tanaman Agapanthus

Tanaman hias yang berasal dari Afrika Selatan ini sebenarnya memiliki perawatan yang cukup mudah. Umumnya, tanaman ini diletakkan di bagian pagar rumah, atau bisa juga ditanam di sepanjang kolam renang. 

Jika Anda tertarik untuk menanamnya, maka tidak perlu khawatir. Sebab tidak membutuhkan perlakuan atau perawatan khusus. 

Bahkan, ciri ciri Bunga Agapanthus juga merupakan jenis tanaman yang tahan di segala cuaca, baik panas, maupun hujan. 

Namun, perlu diketahui jika tanaman cantik ini hanya bisa berbunga selama dengan jumlah bunga yang banyak, asalkan tidak terhalang oleh pepohonan di sekitarnya. Tanaman ini membutuhkan cahaya matahari yang cukup banyak agar dapat tumbuh dengan baik. 

Bunga ini memiliki karakteristik yang cukup berbeda dari tanaman hias lainnya. Seperti warnanya yang cenderung kebiruan dan tumbuh subur dengan asupan cahaya matahari. Yang paling menarik, bunga ini memiliki simbol dari percintaan, sehingga sering digunakan untuk menambah suasana romantis dan menyatakan perasaan.

Indonesia id